SD PLUS TADIKA RAYA

SD PLUS TADIKA RAYA
MENCETAK GENERASI BERAKHLAK MULIA BERWAWASAN LUAS BERDASARKAN AL-QUR'AN

10 Agustus 2020

MISKIN HARTA KAYA SEMANGAT

Posted by S2D  |  at  Agustus 10, 2020

 MISKIN HARTA KAYA SEMANGAT

DR. SEHAT SULTONI DALIMUNTHE


Mungkin kita pernah mendengar, melihat, dan bahkan kenal dekat dengan orang yang tipenya "Miskin Harta Kaya Semangat". Kemismikinan tidak selamanya membuat orang patah semangat. Ada seorang Profesor di UIN Sunan Kali Djaga pada masa sekolah di MTs sebelum Shubuh di sudah jualan koran naik sepeda padinya ia harus sekolah naik sepeda juga. Karena kegigihannya dalam mencari rezeki yang halal akibat dari kemiskinan harta ditambah dengan kaya prestasi, sehingga ia kelak menjadi Dosen dan sampai mencapai gelar tertinggi, yaitu Profesor.

Dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, ada juga seorang mahasiswa penjaga mesjid. Dengan tekun belajar dan menjaga tugas sebagai penjaga mesid. Pekerjaan itu dilakukan akibat dari kemiskinan harta, tetapi ia kaya semangat dan prestasi. Kelak ia menjadi dosen di almamaternya dan juga mencapai puncak prestasi di kampus sebagai Profesor.

Ada juga seorang mahasiswa akibat dari kemiskinan harta, maka ia harus menarik becak di luar tugas kuliah. Ia mendayung becak untuk mencari nafkah. Kelak orang tersebut sukses menjadi pejabat dan pernah menjabat di Kanwil Kemenag sebagai Kabid Mapenda. Akhirnya ia sekarang bukan saja kaya jabatan, juga kaya harta.

Ada juga orang pada mulanya adalah seoang petani. Bukan seperti petani di pulau Jawa pemilik sawah yang luas, tetapi yang kerja orang lain. Ini memang memiliki sawah, tapi tidak tergolong luas. Mereka bertani bersungguh-sungguh. Akibat dari kaya semangat itu, akhirnya miskin harta berubah  nasib menjadi kaya harta sebagai pengusaha muda.

Kisah singkat (lamhah) di atas adalah sebagian contoh dari kisah sukses banyak orang yang pada mulanya miskin harta, tetapi dengan kaya semangat, akhirnya mereka meraih kesuksesan dalam berbagai bidang, termasuk sukses menjadi orang yang kaya harta. Ini adalah pesan khusus bagi saudara-saudara yang merasa saat ini "miskin harta". Jangan sampai dengan kemiskinan, semangat menjadi lemah dan bahkan mati. Patah arang alias putus asa mengarungi perjuangan menuju sukses kosa kata yang tidak boleh terpikir, terdetik, dan terucap bagi mereka yang miskin harta. Lihatlah motivator, daya dorong untuk bersengat dari orang-orang yang di sekitarmu atau keluargamu, atau kisah yang bisa kamu baca dari orang-orang yang awalnya miskin harta, tumbuh menjadi orang sukses.

Jika terdetik, terpikir, dan teringat dengan kemiskinan bisa mengganjal semangat berjuang, cepatlah beristiadzah (mengucapkan أعوذ بالله من الشيطان الرجيم : aku berlindung dari setan yang terkutuk). Tidak boleh kemiskinan menurunkan semangat berjuang. Untuk itulah kita harus berlindung dari bisikan setan yang mencoba mengingatkan kita bahwa miskin akan menjadi penghalang keberhasilan. Selanjutnya, cepatlah banyak berdzikir Allahu Akbar: Allah Maha Besar. Dengan usaha dan doa, kita harus yakin bahwa Allah akan membantu kita untuk keluar dari masalah. Buktinya banyak orang yang sukes padahal dulu mereka miskin. Tidak semua orang miskin yang sukses itu pintar, tapi yang jelas mereka sukes karena tekun, rajin juga dekat dengan Allah.

Untuk keluarga dari ketiadaaan, mati kita panggil Allah Yang Maha Kaya (al-ghani), untuk menutupi celah-celah kemiskinan, sehingga tidak menjadi penghambat dari perjuangan hidup. Kita panggil Allah Yang Maha Besar, yang bisa membuat kita berhasil mencapai cita-cita. Keyakinan bahwa Tuhan Maha Kuasa dan pasti Kuasa mengatasi semua masalah kita adalah hal yang perlu diperkuat oleh setiap manusia, termasuk bagi mereka yang merasa miskin harta. Untuk itulah, kita mencoba mendekati Yang Maha Kaya dengan berbagai kebaikan dengan mengikuti petunjukNya.

Semoga Bermanfaat.




About the Author

Write admin description here..

0 komentar:

SD Plus Tadika Raya

SD Plus Tadika Raya
Diberdayakan oleh Blogger.

Tentang Saya

Foto saya
Kami Akan Menyajikan Informasi Buat Keluarga Besar Tadika Raya School dan juga Masyarakat Lain yang Membutuhkannya

MASA DEPAN PENDIDIKAN DI INDONESIA

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Followers

Total Pageviews

Cari Blog Ini

Komentar

4/recentcomments

Terupdate

4/recentposts

Tadika Raya School

Tarikat Menuju Tuhan

Blog ini merupakan media informasi bagi Wali Murid Tadika Raya School dan Masyarakat yang membutuhkan. Dibuat oleh Yayasan Tadika Raya.


Tadika Raya School Aek Haruaya

Postingan Populer

PROFIL

Postingan Populer

Postingan Populer

© 2013 TADIKA RAYA SCHOOL. SD-Plus Tadika Raya | Powered by Blogger.
Blogger Template by Bloggertheme9 Published..Blogger Templates
back to top